Wednesday, February 15, 2017

Google Code Diberhentikan dan Tutup Mengapa Ini Alasannya!

Google Code Diberhentikan dan Tutup Mengapa Ini Alasannya!


Google Code Diberhentikan dan Tutup? Mengapa? Ini Alasannya!
SimBale
Selamat siang sobat SimBale, siang-siang begini enaknya buka email dulu siapa tau ada orang yang ngirim duit ke ane heheheh. Dalih-dalih mau nyari duit eh malah dapet konfirmasi dari google code. Bunyinya seperti ini sobat "Google Code Shutting Down". Makanya sekarang ini ane membuat artikel yang berjudul Google Code Diberhentikan dan Tutup? Mengapa? Ini Alasannya!. Mungkin bagi para blogger dan para pemilik situs web ini merupakan sebuah petir di siang bolong, coba sobat bayangkan berapa banyak orang dan berapa banyak coding mulai dari html, javascript, php dan file-file lain yang disimpan di Google Code. Inilah beberapa penjelasan pihak Google Code tentang pemberhentian jasa penyimpanannya :

Screenshots :

Google Code Diberhentikan dan Tutup? Mengapa? Ini Alasannya! 

Apa itu Google Code?
Google Code merupakan sebuah layanan yang diberikan oleh Google untuk menyimpan project-project yang berhubungan coding. Layanan Google Code berdiri sejak 2006 dengan tujuan untuk menyediakan layanan penyimpanan project open source yang reliabel dan sesuai skala yang dibutuhkan. Berdasarkan data yang dihimpun oleh Google, jutaan orang telah terlibat dalam project open source di layanan tersebut.

Mengapa Layanan Google Code akan diberhentikan? 
Alasan pemberhentian layanan Google Code menurut Google adalah dikarenakan ada penyedia jasa hosting untuk open source project yang didukung oleh semangat developer dari berbagai komunitas. Google mengakui bahwa penyediaan jasa rumah penyimpanan open source project telah dicapai oleh penyedia jasa lain seperti GitHub dan Bitbucket. Berikut email yang saya terima dari pihak Google Code. 

Mulai kapan Layanan Google Code resmi diberhentikan?
Layanan Google Code akan diberhentikan pada beberapa bulan ke depan secara bertahap. Tahap-tahap pemberhentian layanan Google Code adalah sebagai berikut :
1. Mulai tanggal 12 Maret 2015, Google Code tidak bisa menerima project baru lagi. Tetapi, project-project yang sudah diterima Google masih bisa digunakan sampai bulan Agustus 2015.

2. Mulai bulan Agustus, Project yang tersimpan di Google Code hanya bisa dibaca (read only) sampai awal tahun 2016.

3. Awal tahun 2016, Google Code akan sepenuhnya dimatikan, namun project yang tersimpan di Google Code masih bisa didownload dalam format arsip (Archive Format).

Sementara ini, Google menawarkan tool eksporter untuk mengeksport project yang telah disimpan di Google Code ke layanan GitHub. Tool eksporter tersebut bisa digunakan melalui link berikut: https://code.google.com/export-to-github/. Alternatif lain, Google memberikan dokumentasi untuk mengeksport project-project yang telah disimpan di Google Code ke penyedia jasa hosting open source project lainnya, seperti GitHub, Bitbucket, ataupun SourceForge. Dokumentasi tersebut bisa dilihat pada halaman berikut.
Mungkin saya akan menggunakan tool eksporter tersebut untuk sementara karena banyak sekali project javascript yang saya simpan di Google Code. Sekian informasi mengenai Layanan Google Code akan Segera diberhentikan!!!

Gimana sob, mungkin saya sarankan sobat agar segera memindahkan file-file sobat yang ada di google code kalau tidak ini akan berakibat sangat fatal. Sekian terimakasih.

Semoga bermanfaat
Best Regards
Admin - Aditya

Sumber

Available link for download